My Brown Hair

You're not a criminal just because you dyed your hair.

Call me muna. Dulu, waktu jaman saya masih lugu dan polos, saya sempet risih sama mbak-mbak atau mas-mas yang rambutnya di-cet. Kadang dengan teganya saya nganggep mereka buceri alias bule ngecet sendiri. Aneh banget, pikir saya. Udah bagus-bagus dikasi rambut item kok malah dicet. Kalo bagus sih ga masalah, tapi masalahnya ada beberapa yang warnanya ga sesuai sama warna kulitnya. Dan saya sempet yakin banget kalo ngecat rambut adalah salah satu hal yang gak akan saya lakukan.

Tapi apa nyatanya? 6 Bulan pertama tinggal di Jepang nyatanya sanggup membuat saya merubah prinsip yang selama ini saya yakini. I wanted to die my hair. Saya gak peduli sama masalah yang nantinya ditimbulin, entah kering, entah gak cocok ama warna kulit. I just wanted to die it. Alasannya simpel. Cewek-cewek Jepang looks cute with their brown hair and I'm bored this black hair. Pesan moral: Never ever judge a thing. You never know when those thing turn into you. Akhirnya, dengan segala kenekatan, saya merubah warna rambut saya jadi COKLAT. To be honest, coklat rambut saya sebenernya bukanlah coklat yang saya bener-bener pengenin. I wanted darker reddish brown instead of light brown. Tapi apa mau dikata, hasilnya jadi begitu. No matter what, I love my new hair. Feel fresh dan beda. After 20 years living with black hair, I got new things on my head. Hahaha.

Sayangnya, berbagai kontroversi datang seiring dengan perubahan warna rambut. Some said it was a great decision. Katanya saya keliatan lebih ehem cantik dan dewasa dengan warna rambut yang baru. Bahkan beberapa sangat ga rela waktu saya bilang mau ngecat warna rambut ke item lagi. Itu bagusnya. Sisanya, kritik. Mulai dari yang malu-malu sampai yang garis keras. Yang tergolong garis keras sih ibu saya. Beliau sangat ga rela rambut saya berubah jadi coklat. Kering dan katanya saya lebih cocok pake rambut item. Hmmm. Yang malu-malu pacar saya. Doi sih ga pernah terang-terangan bilang rambut baru saya jelek, cuma beberapa kali nanya: “ga pengen ngecet rambut item lagi?”. Yang di tengah-tengah juga ada, antara kaget dan ngenyek. Kadang ketemu orang Indo disana dengan tatapan aneh ke saya. Well just because I dyed my hair, doesn’t necessarily mean I am a bad girl. Lagian ga ada korelasinya juga ngecet rambut sama kepribadian, right?

Tapi lama-lama saya keder juga. Balik ke Indo, saya mutusin buat ngecet rambut saya balik ke item. Alasannya simple. Saya ga mau dicoret dari daftar kartu keluarga sama ibu saya. Hahaha. Tapi anehnya, ga beberapa lama cat itemnya memudar. 2 Minggu setelah dicet, rambut saya balik ke coklat, sayangnya coklatnya ga jelas. Perpaduan coklat tua dan item. Ok, saya ngaku, kata lainnya, KUSAM. Saya juga dapet banyak sorotan gara-gara rambut saya yang jadi super kering. Ujung-ujungnya balik deh, why did you dye your hair?

Fiuuuhhh… jujur, nothing’s wrong with dying your hair selama itu ngebuat kamu lebih bahagia. Lebih fresh. Lagian itu juga rambut-rambutmu. Sedih juga sih kalo liat rambut saya yang sekarang kusam dan warnanya agak wagu. Tapi, saya ga pernah menyesali keputusan buat ngecat rambut jadi coklat dulu. Itu salah satu bagian metamorfosa dan keputusan berani yang saya ambil. Keliatan sepele, tapi dying my hair adalah contoh bagaimana saya keluar dari zona nyaman saya. Kalo bisa, saya pengen ngecat rambut saya coklat lagi. Tapi tunggu dulu kali ya. Sekarang dirawat dulu, sambil ngumpulin duit supaya bisa ngecet rambut di salon yang mahal. Hihihiiii 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Journey to be a Star (Danone Management Trainee Recruitment Phase)

My Chevening Journey

Perpisahan Kelas Bahasa Jepang