Bertahan Hidup di Jalanan Indonesia

Saat lagi asik-asiknya buka-buka internet, satu link yang di post oleh teman saya di salah satu jaringan sosial (sebut saja Facebook aka fb) membuat mata saya terbelalak. Sebuah mobil Xenia oleng lalu menabrak halte sehingga menyebabkan 8 orang meninggal dunia. Korban adalah anak-anak dan ibu-ibu yang baru pulang dari wisata di Monas

JRENGGG...

Kejutan tidak berhenti sampai disana. Waktu lagi buka-buka link tentang kecelakaan tadi, muncul link berita baru. Kali ini super sadis "Korban Perkosaan Angkot ditinggal di rel kereta api". Pengen rasanya saya teriak, "Woi! mati aja sana dilindes kereta!" Tapi saya nyadar, tereak ampe kerongkongan keluar juga masalah ga selesai.

Dua berita luar biasa (menyedihkan) tadi membuat saya teringat dengan kejadian yang menimpa seorang kakak kelas saya tahun lalu. Di tengah perjalanan menuju rumah, dia dijambret dan jatuh dari motornya. Tuhan sayang dia, kakak kelas saya dipanggil untuk menghadap-Nya.

Itu baru 3 cerita nyata. Belum lagi kasus-kasus horor lagi di jalanan Indonesia. Penjambretan yang tidak jarang diikuti dengan penusukan di jembatan penyebrangan, dibunuh di angkot, diperkosa supir taksi, kecelakaan kereta api gara-gara besi relnya dimaling orang, robohnya jembatan yang umurnya baru beberapa tahun, tenggelemnya ferry gara-gara kelebihan penumpang, hingga tergelincirnya pesawat di Bandara atau pesawat menabrak kerbau di lintasan bandara bukanlah barang baru di Indonesia. Rasanya pengen teriak "YA OLOOOO NEGERIKUUUUU"


Saya jadi merenung, alangkah sadisnya jalanan Indonesia. Ga cuma bagi pengendara kendaraan, tapi juga bagi pejalan kaki dan pengguna angkutan umum. Tergerak untuk cari-cari data tentang angka kecelakaan (angka kejahatan saya ga nemu), Indonesia konon katanya adalah negara dengan jumlah kecelakaan paling tinggi se-ASEAN. Kecelakaan lalu lintas juga merupakan pembunuh nomer dua di Indonesia, setelah TBC.

Jalan raya kan seharusnya sarana yang membawa seseorang ke tempat tujuannya, bukan ke tempat peristirahan terakhirnya.

Saya jadi parno sendiri. Gimana kalau hal-hal yang masuk di tipi-tipi dan koran tadi itu menimpa orang terdekat kita? menimpa kita? *amit-amit jikping ya Tuhan* *jangan sampe* #ketok-ketokmeja

Tapi uniknya (atau kasiannya?), kita seolah-olah mulai terbiasa dengan berita-berita itu. Kita juga terbiasa dengan kesalahan-kesalahan yang (kelihatannya) kecil tapi berakibat fatal. Boncengan lebih dari 2 orang, kagak pake helm, kagak pake seat belt, naik2 ke atas atap kereta, naik motor walopun belum punya SIM, nyogok buat beli SIM, nyelonong aja pas lampu merah, nyetir sambil main Hp, tetep maksa pake ban gundul, sampe naik motor di trotoar. #tepokjidat #jidatnyaIvanGunawan



Saya mungkin belum berhak protes apa-apa. Saya belum bayar pajak yang konon katanya dialokasikan buat membenahi infrastruktur lalu lintas Indonesia. Saya juga gak punya solusi ataupun kontribusi buat menjadikan lalu lintas Indonesia jadi lebih baik.

Sata cuma punya kekhawatiran, paranoia, dan rasa iri. Saya khawatir karena saya adalah pengguna aktif jalanan Indonesia. Saya ga mau meregang nyawa di jalan raya dan menjadi berita di media massa. Saya punya paranoia. Gimana kalau saya atau orang-orang terdekat saya jadi korbannya? Emang sih saya percaya umur orang di tangan Tuhan, tapi kalaupun saya harus kembali ke tangan-Nya, saya pengennya dengan cara yang lebih elok. Dan saya iri. Iri sekali pada negara lain yang mampu membuat warganya merasa aman dan nyaman di jalan raya. Saya cuma bisa ngebayangin enak kali ya bisa bepergian dengan aman dan nyaman. Transportasi publiknya bagus dan teratur. Pengguna jalan raya nya sadar dengan risiko kalau mereka mengabaikan aturan.

Lalu saya membanding-bandingkan (lagi-lagi habisnya mau gimana lagi?). Saya ga tau dimana lagi saya bisa nemuin supir bis yang peduli penumpang seperti di Jepang (salah satu yang bikin saya jatuh cinta sama negara ini). Si bapak ga bakal jalan sebelum mastiin semua penumpangnya duduk dengan nyaman, kalau ada tanda-tanda macet atau antri lampu merah lama si bapak bakal ngomong ngasi tau dan minta maaf udah bikin penumpang nunggu, dan kalau tiba-tiba si bapak ngerem mendadak gara-gara ada mobil lain yang asal nyeruduk haluan, doi bakal minta maaf dan nanya apa penumpang gapapa? E buseeet! Kalau di Indonesia mah adegannya lain lagi (maaf, bukan ngejek atau mengeneralisasi). Si bapak turun dari bis, si pengendara lain turun dari mobil (atau motornya), terus adu mulut.



OK DIAH! STOP Membanding-bandingkan. STOP COMPLAIN! Ga ada gunanya. Itu ga akan ngebikin jalanan Indonesia ga bolong-bolong lagi, aspalnya kopang-kaping sana-sini, atau menurunkan angka kecelakaan dan kejahatan jalan raya.

jadi gimana?
Kan udah saya bilang saya ga punya solusi #dijadiinpolisitidur. Saya cuma bisa menyarankan tingkatkan kekuatan iman Anda dengan banyak-banyak berdoa semoga Anda dan orang-orang yang Anda sayangi (atau siapapun lah) tidak menjadi korban keganasan jalan raya.
Saya juga cuma bisa (berusaha) berjanji pada diri sendiri untuk menyayangi nyawa sendiri dan orang lain. Dulu saya termasuk pelaku kriminal dengan naik motor sebelum batas umur, ngebut ugal-ugalan, nyogok pas buat SIM jadi kagak perlu tes macem2, sampe terobos lampu merah. Tapi besok kalau saya pulang, saya akan berusaha berubah. Attitude dan mindset itu tidak gampang dirubah. Tapi demi jalanan yang nyaman dan bersahabat, ayo kita berusaha bersama! :D

Jadi mulai sekarang, pastikan helm Anda klik ya! #pesansponsor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Journey to be a Star (Danone Management Trainee Recruitment Phase)

My Chevening Journey

Perpisahan Kelas Bahasa Jepang